Minggu, 16 September 2018

PENANGANAN TERHADAP TUMIT YANG PECAH- PECAH.


PENANGANAN TERHADAP TUMIT YANG PECAH- PECAH.


         Mungkin, hal demikian terlihat sepele. Akan tetapi hal sepele ini bisa jadi masalah besar bagi orang – orang yang tidak PD. Anda pernah mengalami tumit yang mulus tiba- tiba mengalami retak – retak? Jika pernah, ini disebabkan karena keadaan kulit yang kering sehingga keelastisitasan kulit akan menurun. Efeknya adalah, timbulnya retakan – retakan pada tumit disertai pengerasan struktur kulit. Sealin itu, tumit tersusun atas kulit yang sebagian besar komponennya adalah lipid. Nah jika anda sering kontak dengan detergent besar kemungkinan lipid ini akan berkurang disebabkan karena detergent mempunyai sifat melarutkan lipid. anda bayangkan saja sabun cuci piring yang dapat melarutkan sisa – sisa gorengan tahu. Faktor usia juga ikut andil dalam mensuplai keretakan dan kekeringan yang terjadi pada kulit. Kenapa? Karena pada orang usia lanjut, jumlah komposisi air yang berada dalam tubuh kapasitasnya telah berkurang. Hal ini disebut hidrasi kulit. Jika hidrasi kulit baik maka elastisitas kulit akan terjaga.    
            Bagaiman cara penangan jika sudah terjadi keretakan pada tumit?
 Sebenarnya anda bisa menggunakan pelembab (moisturizers) yang mana dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Biasanya pelembab ini mempunyai komposisi seperti humektan, oklusif, dan emolien.  Humektan berfungsi menarik air kebagian stratum corenum. Oklusif akan mengurangi penguapan pada kulit sehingga intensitas air dalam kulit dapat meningkat. Untuk emolien, berfungsi sebagai peningkatan hidrasi air dalam kulit. Waw ! 1 produk saja telah bisa memberi 3 keuntungan dalam sekali oles. Jadi anda tidak perlu berpusing ria jika anda mengalami tumit retak – retak.
https://www.blibli.com/ 
Salah satu produk yang dapat digunakan sebagai pelembab

Cara yang lain yang bisa anda lakukan adalah :
  • Merendam kaki pada air dan banyak minum air
  • Menggunakan lidah buaya yang dapat anda jumpai karena dapat memberi kelembaban pada kulit
  • Memakai kaos kaki di malam hari, hal ini disebabkan keringat terjebak dalam kaos kaki akan memberi kelembaban tersendiri bagi kulit.
  • Makan buah dan sayur untuk menjaga elastisitas kulit.


Selamat mencoba