Kamis, 13 September 2018

Krim Glowing? Ingin Cantik Tapi Malah Sakit


Telitilah Sebelum ''Memilih''  Cantik
https://1.bp.blogspot.com

     Dunia agaknya sedang panen wanita cantik dengan wajah  putih, bersinar, dan glowing. Banyak kaum wanita memilih berbagai bentuk perawatan untuk mendukung cita - cita ini. Salah satunya dengan menggunakan krim kecantikan yang banyak berjubel di pasaran.  Dalam waktu singkat ''simsalabim'' wajah yang awalnya hitam manis berubah menjadi putih merona membahana. Tahukah anda? bahwa produk kecantikan yang anda pilih akan berdampak terhadap kesehatan lokal ( kulit ) dan sistemik. Jangan tergoda dengan murahnya budget yang harus dikeluarkan tidak diimbangi dengan dampak yang akan anda rasakan dikemudian hari bahkan bisa di indikasikan dampak permanen.  
       Pertanyaannya adalah, zat apa sih yang sebenarnya terkandung dalam krim pemutih ini?
Salah satu zat yang berbahaya namun turut andil besar dalam krim ini salah satunya merkuri dan hidrokuinon. BPOM sudah MELARANG KERAS penggunaan zat kimia untuk campuran kosmetik jenis apapun dalam industri farmasi. Tahukah anda bahwa kadang kita pernah mendengar cerita ada beberapa krim kecantikan dalam waktu singkat dapat membuat wajah putih seketika. Hal ini perlu diwaspadai. Kenapa? Karena semakin singkat perubahan pigmenakan  kulit (dalam hal ini yang kita inginkan memutihkan wajah) akan berbanding lurus dengan banyaknya zat kimia yang di tambahkan dalam krim.
       Bagaimana mekanisme dari krim pemutih ini?
Merkuri dan hidroquinon akan menghambat melanin ( pigmen warna pada kulit ) . fungsi utama melanin sebenarnya untuk agen proteksi bagi kulit dari sinar UV terik matahari.  Nah, tanpa sadar jika melanin dihambat, maka kulit tidak ada barrier untuk menepis sinar                UV ini. padahal pada kenyataanya, sinar UV dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit bahkan kangker. Dampak lain sebenarnya adalah akumulasi dari merkuri dan hidroquinon dilihat dari sifatnya , kedua zat aktif tersebut cenderung sukar untuk di eksresikan ( dikeluarkan) dari tubuh . akan tetapi akan terakumulasi dalam organ manusia seperti ginjal, otak, dan hati.

       Adapun ada beberapa karakteristik krim yang mengandung zat berbahaya seperti :
  1. Tekstur krim akan terasa lengket
  2. Krim tidak tercampur dengan baik ( menyatu)
  3. Pemakaian pertama dapat menyebabkan iritasi kemudian akan menyebakan ketergantungan,
  4. Penghentian pemakaian dapat menyebabkan rasa gatal.


      Ada beberapa solusi jika anda hendak membeli krim pemutih yang aman
  1. Anda patut curiga dengan krim harga murah, hasil cepat.
  2. Periksa nomer izin kosmetik yang ada pada kemasan. Anda dapat membuka www.cekbpom.pom.go.id kemudian anda dapat mengetik nomer registrasi edar dalam laman tersebut.

SELAMAT BERCANTIK RIA