Sabtu, 15 September 2018

Amankah penggunaan sabun kewanitaan untuk daerah kewanitaan?


Amankah penggunaan sabun kewanitaan untuk daerah kewanitaan?

                   https://lifestyle.okezone.com
       Munculnya keadaan keputihan yang tidak normal dapat disebabkan karena seseorang tidak menjaganya dengan baik dan benar.  Sebenarnya, vagina mempunyai perlindungan sendiri dengan adanya bakteri flora normal yang akan menjaga keasaman vagina ini. flora normal pada vagina dikatakan seimbang apabila memiliki PH 3,5 – 4,5 . akan tetapi, justru penggunaan sabun kewanitaan yang terlalu sering ini akan mengubah keasaman dari vagina. Efeknya adalah bakteri flora normal ( Lactobasilus) dalam keadaan tidak seimbang akan  meningkatkan gangguan patogen (bakteri penyebab infeksi). Hal ini disebabkan karena PH menurun, pertahanan alamiah menurun sehingga akan terjadi kerentanan vagina terjangkit infeksi.
       Tidak ada larangan untuk menggunakan sabun daerah kewanitaan ini. hanya saja, penggunaanya harus di atur. Kemudian, berapa kali sehari penggunaan sabun kewanitaan ini di anjurkan? Penggunaan sabun kewanitaan ini harulah menengok kesesuaian PH sabun dengan PH vagina. Pilihanya adalah menggunakan sabun dengan derajat keasaman 33,5 – 4,5 . penggunaan sabun ini sebaiknya dilakukan sebulan sekali sesudah menstruasi. Cara yang lain untuk mencegah keputihan adalah sering menjaga kebersihan organ vagina, rajin mengganti celana dalam, menjaga keadaan vagina tidak terlalu lembab, tidak memakai pakai. an yang terlalu ketat. Bahkan cara yang terbaik adalah membasuh daerah vagina dengan air bersih dan membersihkan dari bagian depan ke belakang.
          Mungkin di pasaran banyak sekali beredar sabun pembersih kewanitaan dengan berbagai jenis . berikut jenis – jenis sabun pembersih kewanitaan yang dapat anda jadikan pilihan :
  • Provide iodine : bahan jenis ini, merupakan terapi yang dapat digunakan untuk jamur,  dan bakteri. Adapun efek samping yang dapat terjadi seperti dermatitis kontak hingga adanya reaksi alergi.
  • Campuran antara laktoserum dan asam laktat  ( Lactid Acid ). Asam latat pada campuran ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan PH . Lactoserum ini merupakan hasil dari fermentasi susu sapi  yang mana banyak senyawa lactat yang dapat digunakan sebagai nutrisi  bagi ekosistem vagina.  
  • Ekstrak daun sirih : berfungsi sebagai antiseptik untuk membunuh candida albicans dan menurunkan jumlah cairan pada vagina.