Rabu, 01 Agustus 2018

Waspadalah!! Akibat Sariawan dan 8 Cara Inilah Untuk Mengobati Sariawan Secara Alami

Apa itu sariawan?

Sariawan mungkin muncul di dalam bibir atau pipi, dan biasanya bulat dan putih dalam kelihatannya.

Sariawan adalah ulkus kecil di mulut. Mungkin tampak putih atau abu-abu dengan tepi merah. Sariawan biasanya muncul di bagian lembut mulut, seperti lidah, bagian dalam pipi, dan hanya di dalam bibir.

Istilah medis untuk sariawan adalah stomatitis aphthous rekuren atau RAS, dan bisul ini akan muncul berulang kali dari waktu ke waktu.

Sariawan tidak menular dan biasanya sembuh sendiri dalam waktu sekitar satu minggu. Mereka berdiameter kurang dari 1 sentimeter dan dapat muncul sendiri atau berkelompok.

  Sariawan

Bentuk RAS yang langka dan parah menyebabkan bisul yang lebih besar yang dapat bertahan selama 2 minggu atau lebih dan dapat menyebabkan jaringan parut.

Nah, jika anda ingin tahu apa penyebab sariawan maka anda akan menghindari dari dari hal  ini yah guys. 

Kekurangan nutrisi

Seseorang yang kekurangan nutrisi dalam tubuhnya seperti vitamin C, zat besi hingga vitamin B12 rupanya juga bisa jadi penyebab munculnya sariawan. Jadi jika kalian tidak ingin berurusan dengan sariawan, coba anda Teens konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan nutrisi lain yang dipenuhi oleh tubuh ya.


Kekurangan nutrisi bisa jadi salah satu penyebab sariawan (dok. unsplash)

Perubahan hormon

Saat hormon dalam tubuh mengalami perubahan dan sedang tidak seimbang ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya sariawan lho Teens. Biasanya para cewek yang sedang mengalami perubahan hormon adalah saat mereka menstruasi dan sariawan pun jadi lebih mudah terjadi pada saat tersebut lho.

Konsumsi makanan

Salah satu penyebab lain dari sariawan juga bisa karena mengonsumsi makanan suatu makanan tertentu nih Teens. Jika kalian terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas hingga berminyak biasanya akan menjadi lebih mudah mengalami penyakit yang satu ini .




Hindari makanan pedas jika tak ingin sariawan (dok. unsplash)


Stres

Saat kondisi psikologis kalian berubah dan menjadi tiba-tiba stres ternyata juga bisa menjadi penyebab dari munculnya penyakit sariawan lho Teens. Jika kalian sedang banyak masalah dan belum bisa menyelesaikannya pastinya kalian akan selalu merasa cemas, khawatir dan sedih.


Nah, di saat stres seperti itu nggak disangka sariawan yang mengganggu juga bisa muncul lho.

Tetapi, anda jangan khawatir yah guys saya akan memberikan cara mengobati sariawan dengam cara alami yaitu selain obat-obatan yang dijual di apotek, ada beberapa pengobatan secara alami yang dapat meringankan ketidaknyamanan sariawan dan membantu mereka untuk menyembuhkannya. Sementara mereka harus menyembuhkan diri sendiri dalam seminggu, ada cara untuk mempercepat proses ini dan mengurangi ketidaknyamanan.


8 cara untuk mengobati  sariawan

Sariawan akan sembuh dengan sendirinya, tetapi ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa sakit, sehingga mempercepat penyembuhan, dan mencegah infeksi. Ini termasuk:

1. Gel atau menambal over-the-counter

Oleskan obat topikal, over-the-counter, biasanya dalam bentuk gel atau pasta, langsung ke bagian yang sakit. Hal ini mencegah ulkus dari kesal karena makanan pedas atau asam, atau tersentuh.

Perban khusus dapat ditempatkan di atas sariawan. Ini dirancang untuk menempel di bagian dalam mulut dan akan melindungi ulkus dari iritasi.

2. Menggunakan bilas oral

Bilas mulut Anda dengan bilas over-the-counter untuk membersihkan area dan memberikan bantuan dari rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Seseorang harus memilih bilas mulut yang memiliki sifat antiseptik untuk mencegah infeksi  mulut.

3. Menggunakan garam bilas

Orang juga dapat memilih untuk menggunakan alternatif alami, seperti larutan garam, untuk  penyembuhan. Bilas mulut dengan larutan garam lalu kumur kumur jika diperlukan.

4. Praktek kebersihan gigi dengan sikat lembut

Menjaga mulut dan berhati-hati agar tidak merusak sariawan dapat mempercepat proses penyembuhan.

Menggunakan sikat gigi yang lembut dapat membantu menghindari sariawan yang menjengkelkan. Menjaga kebersihan mulut yang baik dengan menjaga gigi dan gusi bersih dapat mencegah bisul terajdinya terinfeksi.

5. Minum suplemen vitamin B-12

Vitamin B-12 mendukung fungsi normal otak dan sistem syaraf dan memiliki bagian penting untuk dimainkan dalam penciptaan sel darah merah.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B-12 mengurangi jumlah rasa sakit akibat sariawan, jumlah wabah, dan jumlah bisul yang dialami dalam sebulan.

6. Minum teh chamomile dengan madu

Teh Chamomile dicampur dengan madu dapat bertindak sebagai antiseptik, membantu meredakan gejala nyeri kanker, termasuk rasa sakit.

Chamomile dan madu telah digunakan secara historis untuk berbagai alasan kesehatan, dan telah digunakan membantu menyembuhkan sariawan dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Ada bukti ilmiah terbatas dari manfaat mereka dalam mengobati bisul, sehingga mereka tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat-obatan.

Madu mungkin memiliki sifat antiseptik dan dapat diaplikasikan langsung ke sariawan. Itu juga dapat dikombinasikan dengan chamomile dalam teh, yang seharusnya dibiarkan mendingin sedikit sebelum minum.

Chamomile mungkin memiliki sifat anti-inflamasi. Seseorang dapat menggunakan chamomile sebagai obat kanker, dengan menyeduh teh chamomile yang kuat dan menggunakannya untuk membilasnya setelah didinginkan. Mereka juga bisa merendam kantong teh chamomile dalam air hangat dan langsung dioleskan ke ulkus.


7. Hindari makanan tertentu

Orang harus menghindari makanan yang sangat pedas, asin, atau asam, yang dapat mengiritasi sariawan dan menghentikannya dari penyembuhan.

Bahkan minuman panas dan makanan dengan pinggiran kasar, seperti sepotong roti panggang, dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

8. Menggunakan lidah buaya

Menerapkan gel lidah buaya langsung ke sariawan dapat membantu meringankan iritasi, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Meskipun ada bukti ilmiah yang terbatas tentang manfaat lidah buaya untuk sariawan, itu dianggap aman untuk digunakan oleh Pusat Nasional untuk Pelengkap dan Integratif Kesehatan (NCCIH).

Penutup

Itulah dari beberapa cara mengobati sariawan atau mencegahnya makanan-makanan yang di larang untuk tidak datangnya sariawan sehingga bisa membuat kita nyaman di mulut dengan menghindari makanan-makanan yang tidak di perbolehkannya.
Semoga artikel ini bermanfaat...