Kamis, 23 Maret 2017

5 Tips Memilih Pembersih Wajah untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat yang Tepat

Pembersih wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat mempunyai kandungan yang lebih kompleks. Hanya dalam satu kemasan saja, kulit yang berminyak sekaligus berjerawat bisa teratasi dengan baik. Pembersih seperti ini sangat diperlukan bagi orang yang mempunyai jenis kulit berjerawat sekaligus berminyak.

Seperti diketahui, kulit berminyak akan menampilkan wajah yang kusam dan kotor. Banyaknya kotoran tersebut kemudian menyumbat pori-pori. Akibatnya, jerawat pun bermunculan tak terkendali. Anda tentu tidak ingin mengalaminya, bukan? Oleh karena itu, segera atasi keluhan wajah Anda tersebut dengan menggunakan pembersih yang tepat.

Tips Memilih Pembersih Wajah untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Saat ini, sudah banyak produk pembersih yang menawarkan kebersihan kulit wajah Anda. Anda tinggal memilih salah satunya. Namun, sebelum Anda memilih, terlebih dahulu baca artikel ini sampai selesai agar tidak salah saat memilih produk. Sebab, jika salah pilih, bukannya bersih, wajah Anda justru akan semakin rusak.

#1. Menggunakan Toner Pembersih Wajah Satu Hari Sekali
Buat Anda yang memiliki kulit wajah berminyak sekaligus berjerawat, harus lebih ekstra dalam merawatnya, tidak seperti kulit normal. Begitu juga saat membersihkannya. Setidaknya, satu kali sehari Anda harus membersihkan wajah menggunakan toner agar semua kotoran yang menempel dapat terangkat. Dengan begitu, tidak akan ada kotoran yang mengendap di dalam kulit, yang akan menjadi cikal bakal jerawat.

#2. Memilih Toner yang Sesuai untuk Kulit Wajah Anda
Sebelum menggunakan toner, tentu hal yang paling utama untuk Anda perhatikan adalah memilih toner yang sesuai dengan kulit wajah. Dalam hal ini, jangan sampai Anda keliru atau bahkan asal dalam memilih toner. Sebab, toner yang tidak cocok justru akan membuat wajah semakin berminyak dan jerawat tumbuh subur. Baca dengan teliti peruntukan dari toner yang Anda beli. Jika Anda kurang mengerti tentang berbagai produk dan peruntukannya, Anda bisa menanyakannya langsung kepada sales yang menjaga produk tersebut.

#3. Memilih Pembersih yang Bisa Mengatasi Komedo (Antiagne)
Untuk mengatasi jerawat yang tumbuh, Anda bisa memilih pembersih yang bisa mengatasi komedo atau istilah kerennya “anti agne”. Anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk meminimalisir tumbuhnya jerawat.
  • Jeruk nipis. Bahan alami ini sangat pas digunakan untuk memerangi produksi minyak pada wajah. Cara penggunaannya pun mudah. Anda cukup menggunakannya sebagai masker wajah. Lakukan secara rutin satu minggu sekali untuk menekan produksi minyak dan munculnya jerawat pada wajah.
  • Lidah buaya. Sudah menjadi rahasia umum jika lidah buaya merupakan bahan alami yang mampu menekan dan menetralisir produksi minyak di wajah. Kandungan air dalam bahan alami ini dipercaya dapat meluruhkan minyak dan sebum kulit wajah.
  • Madu. Kandungan alami dalam madu dipercaya mampu membersihkan wajah dari jerawat sekaligus melembabkan kulit. Anda bisa menggunakannya secara rutin satu minggu sekali sebagai masker alami.
  • Teh hijau. Bahan alami ini sangat manjur untuk membersihkan sel kulit mati pada wajah. Sehingga, wajah akan selalu mempunyai sel baru yang lebih sehat. Akibatnya, jerawat tidak akan mempunyai kesempatan untuk tumbuh.
  • Minyak zaitun. Saat ini, sudah banyak kosmetik yang mengandung minyak zaitun. Bahan alami ini memang mempunyai banyak manfaat, seperti melembabkan dan meremajakan sel kulit. Tak heran jika jerawat tidak akan tumbuh lagi di kulit yang menggunakan minyak zaitun.
#4. Memilih Pelembab dan Pembersih dengan Kandungan Air sebagai Dasarnya
Akan lebih bijak jika Anda memilih produk pembersih dan pelembab wajah yang mempunyai kandungan dasar air. Terlebih jika mengandung bahan kimia berbahaya. Kandungan air dalam pembersih bisa menyegarkan kulit dan membantu menetralisir produksi minyak.

#5. Memilih Pelembab yang Tidak Mengandung Pemutih
Perlu diingat, kulit wajah berjerawat sangat sensitif terhadap pemutih. Pemutih justru akan membuat jerawat dapat tumbuh dengan subur. Oleh karena itu, pilihlah pelembab yang tidak mengandung pemutih. Bahan yang perlu dihindari juga adalah mercuri. Kanker akan mengancam kulit Anda jika menggunakan pelembab dengan bahan kimia tersebut.

Ingatlah ya, jangan coba-coba untuk kecantikan wajah Anda. Jangan hanya karena mengikuti tren produk yang lagi booming, wajah Anda menjadi taruhannya. Dalam hal ini, Anda harus pandai-pandai dalam memilih pembersih wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat.