Senin, 16 Januari 2017

5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung secara Alami dan Permanen

Cara menghilangkan komedo di hidung secara alami bisa dengan memanfaatkan khasiat buah-buahan, sayur-sayuran ataupun dengan bumbu dapur. Bahan-bahan alami tersebut terbukti telah memberikan hasil memuaskan yang tidak kalah dengan obat kecantikan berbahan dasar kimia. Penggunaan obat alami akan membantu mengatasi masalah komedo di hidung tanpa menimbulkan masalah kesehatan lain di kemudian hari.

Memang, wajah adalah aset fisik utama seseorang. Wajah yang kuning bersih dan bebas jerawat maupun komedo akan membuat kita lebih percaya diri saat melakukan aktivitas sehari-hari. Itulah kenapa klinik kecantikan dan kebugaran tubuh tidak pernah sepi pengunjung.

Apa penyebab munculnya komedo? Komedo adalah pori-pori kulit yang mengalami penyumbatan sehingga muncullah tonjolan berwarna putih yang disebut dengan whitehead atau yang berwarna hitam yang disebut dengan blackhead. Komedo umumnya muncul pada bagian hidung dan mata yang jika dibiarkan akan menyebabkan papul atau pustule. Biasanya, ini akan terjadi pada masa pubertas yang ditandai dengan banyaknya produksi sebum penyebab komedo. Nah, jika Anda memiliki masalah dengan komedo membandel di area hidung, berikut cara alami mengatasinya.

5 Cara Ini dapat Menghilangkan Komedo di Hidung

#1 Papaya dapat membantu mengangkat sel kulit yang mati
Papaya kaya akan kandungan papain. Papain inilah yang akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Selain papain, papaya juga mengandung banyak nutrisi proteolitik yang fungsinya adalah untuk mencegah dan juga membasmi komedo dan juga jerawat. Cara pakainya cukup mudah, siapkan beberapa potong papaya lalu tumbuk hingga halus menyerupai masker. Usapkan pada bagian yang berkomedo, tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air. Ulangi tiga kali dalam seminggu.
Baca: Cara Memancungkan Hidung Secara Alami
#2 Baking soda yang berfungsi untuk membasmi kotoran dan bakteri
Baking soda selain digunakan sebagai bumbu dapur juga sangat efektif dalam memberihkan kotoran dan juga bakteri pada wajah. Caranya adalah campurkan dua sendok baking soda dengan air secukupnya hingga berbentuk pasta. Oleskan pada bagian wajah yang berkomedo, tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan threatment ini selama 1-2 kali dalam seminggu.

#3 Lidah Buaya untuk mengurangi peradangan akibat komedo
Lidah buaya sangat populer fungsinya dalam dunia kecantikan dan juga kesehatan. Lidah buaya kaya akan 2 jenis hormon yaitu auksin dan giberelin. Hormon tersebut adalah hormon yang berfungsi untuk menyembuhkan dan juga menjadi obat anti radang pada kulit. Selain itu, tumbuhan yang satu ini juga merupakan pelembab alami yang sangat bagus untuk kulit. Cara pakainya cukup mudah.

Ambil satu batang lidah buaya lalu kupas kulitnya. Potonglah menjadi dua bagian dan oleskan gelnya pada area wajah yang berkomedo. Lakukan kegiatan ini 1-2 kali sehari hingga komedo tidak lagi nampak. Jika gel lidah buaya tersebut dirasa kurang, Anda bisa memblender potongan batang lidah buaya itu untuk kemudian diusapkan pada bagian wajah yang berkomedo.

#4 Jus lemon yang baik untuk mengencangkan pori dan juga mencegah timbulnya komedo.
Jus lemon atau jeruk nipis kaya akan dua asam yang sangat baik untuk perawatan kulit. Pertama adalah asam alpha-hydroxy yang dapat mencegah komedo serta masalah kulit lain serta asam sitrat yang dapat membantu mengencangkan pori serta menghalangi timbulnya komedo.

Caranya adalah siapkan tiga bahan utama yaitu jus lemon, gliserin dan almond lalu campurkan menjadi satu kemudian blenderlah. Setelah itu, oleskan pada bagian wajah yang berkomedo dan tunggu hingga 10 menit lamanya. Bilas dengan air hingga bersih. Selain cara tersebut, Anda juga bisa membuat scrub dengan bahan utama campuran air lemon, madu, yoghurt dan juga air garam. Bahan-bahan tersebut terbukti efektif menghilangkan komedo dalam waktu singkat.

#5 Teh hijau usir bakteri yang menyebabkan komedo
Khasiat teh hijau dalam dunia kesehatan dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Minuman ini mengandung antioksdian yang tinggi, enzim, asam amino dan juga fitokimia yang dapat membantu mengusir bakteri jahat penyebab komedo.

Cara pemakaiannya adalah, campurkan daun teh kering sebanyak dua sendok dengan air lalu haluskan hingga terbentuk scrub. Scrub ini kemudian dioleskan pada bagian wajah yang berkomedo lalu keringkan. Setelah sepuluh menit, bilas dengan air bersih.

Kelima cara tersebut akan sangat efektif jika ditunjang kegiatan pencegahan timbulnya komedo dalam kehidupan sehari-hari. seperti membersihkan make up sebelum tidur, hindari rokok dan alcohol, kurangi makanan berminyak, cuci wajah sebelum tidur, dan lain sebagainya. Selain kelima cara diatas, tentunya masih banyak lagi cara menghilangkan komedo di hidung secara alami.